Menikmati Keindahan Rawa Biru

Kampung Rawa Biru terkenal dengan keindahan alamnya yang unik. Kampung perbatasan yang hanya dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor dari kota Merauke menuju perbatasan RI-PNG. Bagi mereka yang belum pernah ke Kampung Rawa Biru mungkin sulit untuk membayangkannya. Disana terdapat rawa-rawa, sumber air untuk penduduk Kampung Rawa Biru dan penduduk se-Kabupaten Merauke. Alat transportasi yang dipakai untuk menikmati keindahan rawa-rawa adalah dengan menggunakan perahu Kole-Kole. Perahu tradisional ini merupakan alat transportasi masyarakat yang biasa digunakan untuk mencari ikan, menyeberangi bentangan rawa-rawa untuk mencapai daratan di Pulau Kelapa, atau ke Kampung Yakyu – sebagai Rukun Tetangga ke 3 dari Kampung Rawa Biru.

img_4402-2Seperti gambar di samping, kemahiran mengendalikan mesin ketinting merupakan syarat utama untuk keselamatan penumpang dan operator ketinting itu sendiri. Untuk dapat melakukan tamasya mengelilingi rawa-rawa, wisatawan perlu berada di Kampung Rawa Biru pada pagi hari atau menjelang sore dimana pada saat matahari terbit atau terbenam. Ini merupakan waktu terbaik karena suhu udara saat itu jauh lebih nyaman dibandingkan pada saat siang hari.

Satu hal lain yang menarik tentang rawa-rawa di kampung Rawa Biru adalah keberadaan buaya “Keri” -satwa langka yang sekarang termasuk dalam daftar hewan yang dilindungi oleh pemerintah. Dari pengakuan masyarakat setempat panjang “Keri” dapat mencapai hampir 6 meter.

Kegiatan masyarakat yang sering dilakukan disekitar rawa-rawa adalah memancing ikan. Ada banyak anak-anak kecil, remaja, maupun dewasa yang kerap duduk di perahu “Kole-Kole” sambil menikmati panorama rawa-rawa di kampung Rawa Biru yang masih alami. Saat indah sering tergores saat kita mengambil foto dimana sangat mudah terlihat cahaya matahari melepaskan warna-warna emas di kejauhan saat sebelum matahari terbenam.img_4384

Mari kunjungi rawa-rawa di kampung ini dimana penduduk Kampung Rawa Biru akan dengan senang hati menyambut saudara-saudari menikmati keindahan alam Kampung kami. Kesempatan berkunjung ke Kampung Rawa Biru adalah unik dan exotic karena bukan hanya keindahan yang tiada tara yang akan didapatkan namun juga sekaligus berkunjung ke wilayah Indonesia paling Timur. Kampung Rawa Biru – Desa perbatasan RI-PNG.

(kredit foto: Barry.ID)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan