Anak-Anak Kampung Rawa Biru

Seringkali pada saat wisatawan datang berkunjung ke suatu tempat baru mereka hanya ingin melihat keindahan alamnya saja. Mereka terkadang lupa jika pengalaman lain yang dapat dilakukan dan tentunya tidak ternilai harganya adalah dengan mengenal masyarakat lokal yang menjadi tuan rumah disana. Di kampung Rawa Biru, anak-anaknya terkenal sangat murah senyum dan ramah. Mereka acap kali berjalan-jalan di ruas jalan utama bersama teman-temannya menikmati kehidupan simpel yang mereka miliki. Jarak antara rumah, sekolah, dan tempat bermain yakni rawa-rawa itu sendiri dapat dikatakan tidak terlalu jauh.

Karena suasana yang sangat kekeluargaan di kampung ini, anak-anak yang ditemui di jalan-jalan terlihat senang melambaikan tangan kepada siapa saja yang bersikap ramah terhadap mereka. Walaupun seringkali malu pada awalnya jika melihat orang baru datang, namun jika anda terlebih dulu melempar senyum ke arah mereka nantinya merekapun akan membalas dengan senyum juga.

Setelah sekolah usai anak-anak kampung Rawa Biru sering kedapatan bermain di sekitar rawa-rawa sambil berkegiatan memancing. Ada yang menggunakan tali pancing atau tongkat runcing untuk menangkap ikan. Mereka mulai berkegiatan dimana matahari telah terlebih dulu condong ke barat saat terik panas matahari sedikit lebih bersahabat. rawabiru1_bmsSelain memancing, sejumlah anak-anak ada yang bepergian bersama orang tua mereka ke tempat di dalam hutan tempat dimana mereka memanfaatkan tanah kosong untuk berkebun. Untuk ke lokasi ini mereka harus menyeberangi rawa-rawa dengan menggunakan kole-kole (perahu tradisional).

Hal menarik dalam berkomunikasi dengan anak-anak kampung Rawa Biru adalah sebagian dari anak-anak ini ada yang bisa berbahasa Inggris. Kemampuan ini mereka peroleh karena interaksi dengan warga dari PNG. Kampung perbatasan ini tidak jauh letaknya dengan garis batas negara RI-PNG. Jika tempat wisata anda berikutnya adalah kampung Rawa Biru Merauke, jangan lupa untuk berbagi senyum, tidak mustahil anda akan keberatan dengan oleh-oleh memori keramahtamahan mereka selama anda berkunjung.

(kredit foto: Barry.ID)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan